wew. akhirnya bbm bersubsidi dinaikan oleh pemerintah. saya bukan orang yang menolak, juga bukan orang yang mendukung. tp mari kita lihat dan dibandingkan. ini riset kecil-kecilan yang saya lakukan beberapa bulan ke belakang.

pertama kita berbicara imbas kenaikan harga bbm. Hal klasik yang selalu mengikuti saat terjadinya kenaikan harga bbm adalah harga sembako yang melambung. Siapa diantara kita yang masih menutup mata bahwa penikmat bbm bersubsidi adalah orang yang menggunakan mobil mewah.. sementara infrastruktur jalan raya sangatlah kurang. tentu hal ini adalah masalah yang saling berkaitan. sementara pendidikan dan kesehatan terabaikan karena apbn kita udah habis untuk mensubsidi BBM.

bayangkan jika uang yang dihabiskan untuk subsidi bbm digunakan untuk membangun transportasi publik, infrastruktur jalan raya, perbaikan sekolah, pendidikan murah. ini saat nya kita sadar bahwa apbn bukan hanya dihabiskan untuk mensubsidi bbm. tapi jika dilakukan untuk hal yang lain, hal ini tentu akan membuat pemerataan pembangunan di semua pulau. indonesia tak hanya di jawa.

terima kasih