Google Chrome Icon
Image via Wikipedia

perusahaan besar google.inc sedang mempersiapkan sebuah operating system yang mampu melakukan booting dalam waktu yang sangat cepat, diklaim mampu booting dalam hitungan detik.

Sistem operasi ini akan diberi nama Chrome Os. tetapi anda tidak bisa menginstall begitu saja OS ini pada sembarang hardware karena google sudah menjalin kerjasama dengan vendor tertentu sehingga anda akan dikirimkan OS tersebut jika sudah memiliki sebuah perangkat chrome tersebut

hardware tersebut akan diluncurkan paling lambat tahun 2010, ada perbedaan dari Chrome Netbooks, yakni netbook ini tidak memiliki hard disk, lalu dengan media apa kita menyimpan data??

Chrome OS netbooks will not have traditional hard disk drives — they will rely on non-volatile flash memory and Internet-based storage for saving all of your data.

All the applications will be web-based, meaning users won’t have to install apps, manage updates or even backup their data. All data will be stored in the cloud, and users won’t even have to bother with anti-virus software: Google claims it will monitor code to prevent malicious activity in Chrome OS web apps

Hebat bukan?? tapi saat saya mengetahui informasi ini, apa mungkin teknologi yang seperti iini akan laku keras di indonesia, karena selain harga yang masih belum tahu harga yang akan dibanderol, ada faktor koneksi internet yang masih merupakan barang yang mahal di Indonesia, mungkin sebaiknya kita membenahi lebih dulu struktur jaringan internet kita serta mempunyai jaringan backbone yang kuat agar mampu menggunakan netbook google chrome.