etika: berarti sebuah prilaku atau kebiasaan yang berlaku dimasyarakat

etika dalam bekerja: berarti prilaku menghormati pekerjaan, profesionalisme, kedisiplinan dalam pekerjaan, dan sikap baik dalam melakukan pekerjaan

beberapa karakter etika dalam pekerjaan:

  • kemampuan berinteraksi antar sesama: meliputi kebiasaan, sikap kerja, kesopanan penampilan, dan interaksi sesama pekerja dilingkungan tempat kita bekerja. orang-orang ini cenderung memiliki sikap apresiasi terhadap orang lain/Rekan Kerja, bersahabat, mampu berkerja sama.
  • Inisiatif: ini termasuk kedalam aksi dalam memulai langkah awal, ini merupakan langkah penting dalam memulai pekerjaan, tanpa inisiatif, kita akan kehilangan kesempatan dan akan menjadi masalah serius dan akan memungkinkan kita kehilangan pekerjaan
  • Keteguhan: keteguhan yang dimaksud adalah keseriusan memegang kepercayaan, jujur dan tepat waktu.

KODE ETIK dan Profesinalisme

  • kode etik adalah sebuah etika atau kebiasaan yang tertulis sebagai standarisasi dalam mengerjakan pekerjaan.
  • Konsep Profesionalisme: adalah standar yang memberikan panduan kepada pekerja dalam melakukan pekerjaan sehari-hari

Sikap Profesionalisme dalam bekerja

  • berkontribusi dalam pergaulan dunia kerja
  • tidak mengancam/membahayakan keselamatan rekan kerja
  • jujur dalam memegang kepercayaan
  • adil dalam mengambil keputusan tanpa memihak.
  • menghargai kekayaan hasil karya orang lain
  • menghargai privasi orang lain
  • menghargai pekerjaan orang lain

Sikap Profesionalisme secara detil

  • bekerja secara efektif, dan berkualitas.
  • menjaga kemampuan/kompetensi dirinya
  • menghormati dan mematuhi peraturan yang berlaku didunia kerja
  • menerima kritik dan saran agar menjadi lebih baik
  • menghargai kontrak kerja, kesepakatan kerja
  • mengakses informasi hanya jika kita diperbolehkan.