Sistem Operasi sudah merupakan hajat hidup orang banyak, semua orang yang menggunakan komputer pasti menggunakan sistem operasi, entah itu merupakan sistem operasi berbayar, atau Justru malah yang gratis seperti Linux,… yang menjadi permasalahan adalah, anda tentu masih ingat pada saat kita dibangku sekolah? hampir disemua sekolah itu menggunakan sebuah sistem operasi berbayar, yang menurut saya, Sistem operasi tersebut mengajarkan orang menjadi begitu konsumtif, seakan menciptakan sebuah pandangan bahwa sistem operasi hanya ada 1 yaitu si A. akan tetapi bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan, hal ini merupakan bahan pertimbangan yang harus dicermati sebagai bahan pertimbangan yang bahkan bisa menjadi pertimbangan nasional.

sistem operasi berbayar mengajarkan orang untuk membajak, kita tahu betapa banyak menjamurnya penjual CD bajakan, tentu saja ini merupakan perbuatan yang tercela (saya pun sempat menggunakan sistem operasi ini). lalu adakah solusi dari permasalahan ini? jawabnya sudah pasti ada. kita bisa menggunakan sistem operasi Open Source seperti Linux. sekarang linux sudah menyesuaikan perkembangan hardware sehingga jangan takut hardware anda tidak dikenali.

Penggunaan Sistem Operasi linux juga merupakan usaha mematahkan monopoli sistem operasi yang sudah dilakukan oleh perusahaan selama bertahun-tahun, user dipaksa untuk membayar dalam jumlah yang besar hanya untuk membeli sebuah sistem operasi, belum lagi dengan update dll. bahkan untuk produk servernya dikenakan biaya yang selangit, sedangkan dengan sistem operasi linux kita dapat membangun sebuah server yang mampu melebihi sistem operasi berbayar tersebut.

Intinya, bagaimana kita belajar dan terus berkembang dengan biaya seminim mungkin tapi mendapatkan ilmu yang berkualitas.