Google hari ini meluncurkan informasi lebih detail tentang Chrome OS, ringan, browser berbasis sistem operasi untuk netbook google.

Chrome menjanjikan mampu menghadirkan sistem operasi yang cepat, karena pada saat booting hanya dibutuhkan waktu sekitar 7 detik

“Kami ingin Google Chrome OS untuk menjadi Os Tercepat … untuk boot seperti layaknya TV,” kata Sundar Pichai, Vice President dari manajemen produk untuk Google.

Chrome OS netbook akan tersedia pada akhir tahun 2010, kata Pichai. Tidak akan tersedia sebagai download untuk menjalankan dan menginstal pada PC biasa. Sebaliknya, OS Chrome hanya melayani pengiriman pada hardware tertentu dari produsen, Google telah bermitra dengan perusahaan yang sampai saat ini belum dijelaskan. Itu berarti jika Anda ingin Chrome OS, Anda harus membeli perangkat OS Chrome.

Chrome OS netbook tidak akan memiliki hard disk drive tradisional – mereka akan bergantung pada non-volatile flash memory dan penyimpanan berbasis internet untuk menyimpan semua data Anda.

Semua aplikasi akan berbasis web, yang berarti pengguna tidak perlu menginstal aplikasi, mengelola pembaruan atau bahkan cadangan data mereka. Semua data akan disimpan dalam awan, dan pengguna bahkan tidak perlu repot-repot dengan software anti-virus: Google menyatakan akan memantau kode untuk mencegah aktivitas kejahatan pada Chrome OS web apps.

“Chrome OS adalah sebuah komputer yang benar-benar dipikirkan kembali akan membiarkan Anda berfokus pada Internet, sehingga Anda dapat berhenti mencemaskan komputer Anda,” menurut promosi Google video ditampilkan pada acara, bertempat di kampus Google di Mountain View, California.

Sebagai bagian dari pengumuman hari ini, Pichai mengatakan bahwa Google akan membebaskan semua sistem operasi kode dan dokumen desain kepada publik.

Diperkenalkan pada bulan Juli, Chrome OS merupakan sistem operasi berbasis Linux, open source berpusat pada browser Google Chrome. Aplikasi akan berjalan secara eksklusif di dalam browser

“Mulai hari ini, kode akan sepenuhnya terbuka, yang berarti para pengembang Google akan bekerja pada pohon yang sama sebagai pengembang terbuka,” kata Pichai.


“Setiap kemampuan Anda inginkan hari ini, di masa depan akan ditulis sebagai aplikasi web,” .

Rencananya Netbook ini akan dibanderol seharga $ 400

Produsen belum mengumumkan harga pada pengiriman netbook dengan OS Chrome, namun Google mengharapkan biaya untuk menjadi kira-kira sama dengan netbook saat ini. Rata-rata, biaya netbook antara $ 300 dan $ 500.