StarFish (Bintang Laut)

Teman-teman tahu yang namanya bintang bukan? Ternyata bintang tidak hanya ada di langit lho. Di laut pun ada bintang. Namanya bintang laut. Tapi keduanya sangat berbeda. Bedanya, bintang laut bukan benda langit melainkan seekor hewan. Bintang laut, dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan starfish dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan Acanthaster planci . Hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata (tidak memiliki tulang belakang) yang termasuk dalam filum Echinodermata , dan kelas Asteroidea .
Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki banyak lengan. Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan
Bentuk bintang laut
Bintang laut ini mempunyai banyak lengan yang jumlahnya beragam. Ada yang hanya sembilan batang dan ada yang sampai 23 batang jumlahnya. Tetapi kebanyakan jumlah lengannya antara 14 sampai 17 batang. Diameter terbesar mencapai 60 cm. Permukaan aboral ditutupi oleh duri-duri, sehingga hewan ini dinamakan mahkota duri atau duri seribu. Spesimen berukuran diameter 30 cm mempunyai duri-duri kuat rata-rata panjangnya 2 cm. Kulit yang melapisi duri-duri tersebut mengandung bahan berbisa dan jika hewan ini terinjak kaki telanjang dapat menyebabkan sakit sekali dan bahkan menyebabkan muntah-muntah. Warna tubuh bintang laut ini menarik, biasanya ujung duri berwarna kemerahmerahan atau oranye sedangkan permukaan lengan berwarna abu-abu kebiru biruan. Jika hewan ini berada ditengah-tengah karang hidup bersama biota lain yang berada di sekitarnya, orang-orang yang tidak biasa mengamatinya susah untuk menemukannya karena warna bulu seribu tersebut berbaur dengan warna lingkungan sekitarnya.

Sebaran
Habitat bintang laut ini adalah di terumbu karang, terutama di lereng terumbu pada kedalaman 2 sampai 6 m. Ada yang ditemukan di paparan terumbu yang terbuka pada saat air surut dan ada yang ditemukan di terumbu karang hidup pada kedalaman 33 m. Di Great Barrier Reef, Australia, hewan ini dijumpai di semua kedalaman yang tidakmelebihi 60 m
Cara Hidup dan perkembangbiakan bintang laut
Teman-teman tahu cara makan bintang laut? Kalau belum berikut cara makan bintang laut : Kantung gastrik (gasteric sac) dibalikkan melalui mulut dan dibentangkan di atas koenosark (coenosarc). Enzim di dalam duh atau cairan pencernaan secepatnya melarutkan jaringan karang dan fragmen-fragmen yang sebagian telah dicerna kemudian diserap melalui perut. Proses makan ini terjadi beberapa jam. Kaki tabung tidak ikut berperan dalam proses ini. Bintang laut ini makan semua jenis karang hermatipik (hermatypic corals) , walaupun kadang-kadang diketahui mereka juga memakan hewan Alcyonaria , dan bahkan juga sisa otot pengikat kima yang sudah mati. Sedangkan sebab kematian kima ini tidak diketahui.
Perkembang-biakan mahkota duri terjadi melalui sederetan perkembangan larva yang planktonik. Gonad hewan ini berwarna kuning, meskipun gonad jantan agak lebih pucat. Pada puncak musim perkelaminan, gonad berukuran besar dan mengisi seluruh volume tubuh. Seekor bintang laut betina yang matang telur rata-rata diperkirakan berisi antara 12 juta dan 24 juta butir telur. Cara memijah adalah dengan mengangkat lengan dan menggoyang-goyangkannya. Dalam 10 menit hewan jantan mulai berpijah yang menyebabkan air di sekitarnya berwarna putih seperti susu. Dari beberapa jantan yang memijah, hanya terlihat seekor betina yang memijah. Ia berada pada jarak lebih dari 1 m dari jantan-jantan yang memijah. Telur tertuangkan dan mengalir terus menerus dari beberapa gonopora ke dalam air dan langsung disebar oleh arus air. Pemijahan kedua kelamin hewan itu berlanngsung sekitar 30 menit.
Istilah :
” Biota = flora dan fauna yang terdapat di suatu daerah
” Simetri radial = ukuran yang seimbang
” Pemijahan = pelepasan telur dan sperma untuk pembuahan
” vaskular = pembuluh untuk pengaliran
” Gonad = organ penghasil sperma pada jantan dan telur pada betina