Bug dalam bahasa inggris berarti juga serangga. ya mungkin buat teman-teman IT istilah bug udah ngga asing lagi!!!
disini agus bakalan coba menjelaskan istilah diatas dan coba menjabarkannya!!!

Upps!!! sebentar mw nyalain rokok dulu akhhh biar enak Ngetiknya.

BUG……

adalah kesalahan pembuatan/ konfigurasi pada perangkat lunak.
( khan software juga dibuat oleh manusia, ngga dengan sendirinya hadir di dunia per-IT an)

software yang mengalami bug biasanya akan membuat celah atau hole pada komputer yang diinstal nya!!! bahkan windows xp yang release sebelum SP 2 mempunyai celah keamanan sehingga komputer target dapat diambil alih oleh penyusup di jaringan.

menurut sumber di wikipedia!!! kata bug dulu ada karena pada saat itu, saat komputer masih seluas kamar. pihak militer amerika menggunakan komputer yang bernama MarkI, pada suatu hari komputer tidak mau berfungsi dengan baik, setelah diteliti dan dicari oleh teknisi yang ada di sana!!!!(karena agus waktu itu sedang libur. hehehehe) pada suatu komponen, tersangkut seekor serangga sehingga menggangu kinerja komputer yang sangat besar pada saat itu(rupanya markI KO Sama seekor serangga). dan setelah serangga tersebut diambil, komputer dapat berjalan kembali dengan normal….. dan proses tersebut di sebut debugging…

oke ulasan diatas baru sejarahnya aja, berikutnya kita akan membahas lebih detil lagi.

kode/ source sumber software yang tidak sempurna disebut juga Buggy Code. dan pada umumnya tingkat release software tersebut mengalami beberapa kali perbaikan sebelum dilempar ke publik

status kode:
Alpha
=========
pada status ini, software baru saja dibuat, dan sudah dilempar kepasaran, tapi hanya kebeberapa penguji software saja yang mempunyai kesempatan untuk mencoba software yang release pada tahap ini.
dan biasanya yang mencoba software tersebut adalah orang yang ahli dalam bidang software development dan jika menemukan bug/ kesalahan, penguji ini akan memberitahukan kepada software vendor yang mengeluarkan software tersebut.

Beta release
============
pada fase ini, software sudah dilempar kepublic dan sudah digunakan secara luas!!!
tapi software ini belumlah sempurna sehingga dalam licansi nya vendor mengeluarkan trial Version sehingga user diberi batas waktu penggunaan dan jika bersedia user harus mengirimkan feedback melalui website vendor.

unstable
======
pada versi ini software belumlah stabil!!!
tapi software vendor sudah berani mengeluarkan licensi untuk user!!!!
dan software vendor menyiapkan sebuah situs buqtraq dimana situs tersebut sebagai tempat feedback buat user.

stable
========
adalah versi release dari software vendor yang sudah stabil.
software vendor terus mengadakan riset sehingga software yang dilempar ke pasaran terus mengalami perbaikan sehingga dapat bertahan eksistensi dalam dunia IT.