Pertanyaan tersebut pernah terlintas waktu saya masih duduk di bangku SMK, saat kelas 3 adalah waktu dimana semua pikiran, waktu dihabiskan untuk menghadapi UN..

Terus kenapa harus ada UN???, menurut saya adalah pertanyaan konyol yang pernah ada dalam pikiran saya. Setelah saya terjun langsung ke Dunia Pendidikan, walau cuma sebagai Staff Tata Usaha di suatu sekolah Negeri di Kota Bekasi, saya betul-betul merasakan segala hal, baik dari segi persiapan yang harus dilakukan, dan kali ini bukan sebagai siswa tapi sebagai salah satu orang yang harus mensukseskan UN di tempat saya bekerja.

Tentu kita tahu bahwa di luar sana ada Opini bahwa UN adalah usaha untuk memperlambat perkembangan dunia pendidikan Indonesia, tapi apa jadinya Indonesia jika tidak adanya suatu standarisasi dalam hal nilai yang harus dicapai siswa untuk menjadi tolak ukur sejauh mana siswa mampu menyerap materi-materi yang sudah diberikan di sekolah.

Hal ini tentu perlu dukungan dan peran aktif dari orang tua siswa, karena sebenarnya siswa lebih banyak berada di rumah ketimbang waktu nya saat berada di sekolah, sehingga orang tua harus lebih melakukan pengawasan dalam segala kegiatan anaknya